Minggu, 14 Desember 2014

contoh laporan hasil observasi pembuatan tahu



LAPORAN HASIL OBSERVASI
PEMBUATAN TAHU

                                                                                     



Disusun Oleh :
1. DELIA AGUSTIN
(005)
2. HIDAYATUN AFIFAH
(009)
3. SITI KHOTIMAH
(026)
4. ZIDNI ZULFA RAHMANIA
(033)






MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH  RANDUDONGKAL
SMK MUHAMMADIYAH 7 RANDUDONGKAL
Alamat: Jl. Lapangan Olahraga No. 59 Randudongkal 52353




KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Yang telah memberikan kesehatan serta kesempatan sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini meksipun belum terlalu sempurna.
Saya juga mengharapkan kritik/saran yang bersifat membangun dari Ibu Suci Yuli Alifiarti, S.Pd selaku guru mata pelajaran kompetensi kejuruan (DKK) untuk kesempurnaan penyusunan laporan ini dan  juga terima kasih atas arahan dan bimbingannya, karena tanpa beliau penyusunan laporan ini tidak akan terselesaikan.
        Saya menyadari bahwa laporan ini masih memiliki banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan dari para pembaca.
Akhir kata, Saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca Laporan ini. Semoga dengan adanya Laporan ini dapat memperluas wawasan kita semua.


Randudongkal, 21 November 2014





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ............................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................... ii
BAB I. PENDAHULUAN......................................................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah........................................................................................... 1
C. Tujuan Prakerin............................................................................................... 1
D. Manfaat Prakerin............................................................................................ 2

BAB II. LANDASAN TEORI................................................................................... 3
A. Pengertian Tahu.............................................................................................. 3
B. Manfaat Tahu.................................................................................................. 3
C. Macam - macam Tahu..................................................................................... 4

BAB III. PEMBAHASAN LAPORAN.................................................................... 6
A. Sejarah Berdirinya ......................................................................................... 6
B. Pembuatan Tahu.............................................................................................. 7
C. Cara Pemasaran............................................................................................... 8

BAB IV. PENUTUP................................................................................................... 9
A. Simpulan ........................................................................................................ 9
B. Saran............................................................................................................. 10







BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Observasi berasal dari bahasa latin yang berarti “melihat” dan “memperhatikan”. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat fenomena yang  muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Observasi   menjadi  bagian  dalam  penelitian berbagai disiplain ilmu, baik ilmu eksakta maupun ilmu    ilmu sosial, observasi dapat berlangsung  dalam  konteks  laboratorium (experimental) maupun konteks alamiah. Observasi yang berarti pengamatan  tentang  suatu masalah, sehingga diperoleh  pemahaman atau  sebagai alat re –checkinging  atau  pembuktian  terhadap  informasi  atau  keterangan  yang diperoleh sebelumnya. Sebagai  metode ilmiah observasi biasa diartikan sebagai  pengamatan  dan pencatatan fenomena – fenomena yang diselidiki secara sisitematik. Dalam arti yang  luas observasi sebenarnya tidak hanya terbatas kepada pengamatan yang dilakukan, baik secara langsung  maupun  tidak  langsung.  Pengamatan tidak  langsung  misalnya melalui tes.  Pengamatan secara langsung  misalnya terjun langsung kelapangan seperti yang  telah  kita lakukan dalam pembuatan tahu.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana Sejarah Pendirian Usaha?
2.      Bagaimana Analisa Produksinya?
3.      BagaiamanaDeskripsi Alur dalam Pemasaran?

C.    TUJUAN KEGIATAN
1.      Mengetahui  jenis  usaha yang  ditekuni  oleh  salah  seorang  warga yang  bernama  Ibu  Yumiah.
2.      Mengetahui  proses  pembuatan  atau  pengolahan.
3.      Mengetahui  proses  pemasaran .
D.  MANFAAT KEGIATAN
Manfaat dari kegiatan observasi ini yaitu menambah wawasan siswa tentang dunia luar khususnya dalam bidang usaha atau industri rumah tangga, mulai dari jenis barang yang dihasilkan, proses pembuatan, dan pemasarannya. Jadi kita dapat terinspirasi juga untuk membuat usaha rumahan kecil-kecilan, dan ikut melestarikan makanan khas daerah kita sendiri, contohnya yaitu tahu.


BAB II
LANDASAN TEORI

A.    PENGERTIAN TAHU   
Tahu atau tofu adalah makan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso.
Tahu merupakan salah satu bahan makanan pokok di negeri ini, yang termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Tahu juga merupakan makanan yang mengandung sangat banyak gizi dan cukup mudah untuk diproduksi. Untuk memproduksi tahu bahan bahan yang dibutuhkan hanya merupakan kacang kedelai. Tidak heran jika saat ini kita dapat menemukan banyak sekali pabrik pembuatan tahu, baik dalam bentuk usaha kecil dan usaha menengah yang masih menggunakan cara konvensional ataupun usaha usaha yang sudah cukup sukses denga cara pembuatan yang lebih modern.                                   
Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari china, seperti halnya kecap, tauco, dan bakpao. Tahu adalah kata dari bahasa hokkian (tauhu) yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasikan”
B.     MANFAAT TAHU
1.    Manfaat Tahu Mencegah Penyakit Jantung.
2.    Manfaat Tahu Meningkatkan Produksi Energy.
3.    Manfaat Tahu Mencegah Osteoporosis.
4.    Manfaat Tahu Membantu Menurunkan Berat badan.
5.    Manfaat Tahu Membantu Pasien Diabetes dengan Masalah Ginjal.

C. MACAM-MACAM TAHU
1. Tahu Kuning:
     Dari nama sudah bisa ditebak kalau tahu ini berwarna kuning. Warna kuning ini berasal dari kunyit. Jenis tahu ini merupakan jenis tahu yang paling banyak beredar di pasar-pasar. Jika anda menjatuhkan pilihan pada tahu ini untuk dimasak, pastikan warna kuningnya bukan dari pewarna melainkan kunyit. Cirinya, warna kuning ke arah oranye, tidak cerah dan aroma kunyitnya menonjol.
Jika akan mengolah tahu ini, perhatikan dahulu teksturnya, jika keras dan padat maka jangan diolah dengan teknik goreng karena tahu akan semakin liat dan keras, tetapi jika tekstur tahu sebaliknya, maka anda bebas mengolahnya untuk apa saja.

2.Tahu Sumedang:
Tahu sumedang merupakan tahu yang berasal dari daerah sumedang, Jawa Barat. Tahu jenis ini saat masih mentah memiliki tekstur dan warna yang sama seperti tahu putih biasa, hanya saja potongannya lebih kecil, dan ketika sudah digoreng permukaannya tampak keriting tidak halus seperti pada umumnya.

3.Tahu Sutera:
Sesuai namanya, tekstur tahu ini lunak dan sangat halus, karena halusnya hingga tidak nampak pori-porinya. Tahu yang lebih popouler dengan sebutan tofu ini kebanyakan dijual di pasar swalayan dan supermarket dengan kemasan menyerupai es lilin.
Selain rasa asli kini banyak ditawarkan tahu sutera yang sudah diperkaya aneka bahan seperti udang dan telur,  karena teksturnya yang lunak, banyak orang yang mengolah tahu ini untuk masakan sapo, wedang tahu maupun pudding.

4.Tahu Pong:
Tahu jenis ini disebut tahu pong karena jika sudah digoreng akan mengembang, dan bagian tengahnya berongga atau dalam bahasa jawanya kopong. Baru setelah agak dingin tahu akan sedikit menyusut.
Tahu pong memang diolah secara khusus sehingga bisa menghasilkan rongga dan ringan setelah digoreng. Tahu ini asyiknya sih dimakan hangat dan dicocol dengan aneka sambal maupun lalapan cabe rawit

5. Tahu Bulat Tasikmalaya:
Tahu bulat "Arka", Tahu bulat ini memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas Sangat unik, enak dan lezat. Tahu bulat memiliki tekstur luar yang garing dan empuk di dalam.Tahu bulat merupakan makanan sehat tanpa bahan pengawet, enak, aman dan bergizi



BAB III
PEMBAHASAN

     A.   SEJARAH BERDIRINYA
Lokasi pabrik pembuatan tahu yang kami pilih terletak di desa Karangmoncol, kecamatan Randudongkal,  kabupaten Pemalang. Pabrik ini merupakan pabrik pembuatan tahu yang  masuk dalam kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Cara pembuatan tahu pun masih dengan cara konvensional sehingga peran individu atau dalam hal ini para pekerja sangatlah besar di dalam proses pembuatannya.                                                  
Pabrik yang berdiri sejak tahun 1996 M ini didirikan oleh Ibu Yumiah, pabrik pembuatannya di bangun dalam kompleks rumahnya sendiri, dan masih bertahan sampai hari ini. Dan di dalam ruang ini proses produksi tahu berlangsung secara konstan. Di dalamnya terdapat 3 pekerja dengan pembagian tugas masing - masing, ada yang bertugas untuk mencetak, dan untuk menggoreng. Di dalam ruangan tersebut peralatan yang digunakan dapat dibilang sederhana.                                                                                               
Selain itu di dalam ruangan juga terdapat 1 mesin penggiling. Jumlah mesin penggiling yang hanya satu satunya inilah yang menurut kami menjaga kontinuitas dari proses produksi tahu.  Selain itu juga terdapat 1 buah bak sebagai tempat penampungan air, ada 1 sumur yang berukuran besar yang digunakan untuk menguapkan tahu, ada 2 cetakan dari kayu yang masing masing memiliki ukuran berbeda beda sesuai dengan permintaan pelanggan yang memesan tahu. Serta rak - rak dari kayu untuk menampung tahu tahu  yang sudah tercetak.

B. PEMBUATAN TAHU
1.         ALAT DAN BAHAN
a)    Tungku
b) Kayu Bakar
c) Ember
d) Wajan
e) Gayung
f) Saringan besar
g) Kain sifon
h)   Plastik
i) Kedelai
j) Lempeng
k) Rak

Bahan dasar yang diperlukan dari pembuatan tahu adalah kedelai dan garam.

2.    CARA PEMBUATAN TAHU
        Langkah pertama, Rendam kedelai salama ± 4 jam
                                                                                              
               Langkah kedua, kedelai yang  telah direndam kemudian  di giling hingga halus, dan jangan lupa diberi air agar hasilnya tidak mengental
           
        Langkah ketiga, setelah halus kemudian adonan di rebus hingga menguap.
          
Langkah keempat, setelah matang, adonan di peras, diambil sarinya lalu disaring kedalam tempat.

        Langkah kelima, setelah di saring adonan di pres  ± 2 menit.
          
Langkah keenam, setelah di pres adonan dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan
           
               Langkah ketujuh, tahu siap di goreng dan ditata.
                       




3. CARA PEMASARAN
Dalam memasarkan produknya, Ibu Yumiah memasarkan dalam pasar tahu lokal dan swalayan di pasar – pasar kecil dalam kawasan Pemalang seperti Watukumpul dan sekitarnya. Awal mula pemasaran tahu Ibu Yumiah hanya dijual di pasar tahu lokal dan pasar Randudongkal Pemasaran tingkat menengah hingga sekarang. Pertengahan pemasaran tahu milik Ibu Yumiah mengelami perkembangan, seiring waktu berjalan.


BAB IV
PENUTUP

A.  SIMPULAN
Ibu Yumiah yang merupakan Ibu Rumah Tangga di Desa Karang Moncol RT 01 RW 01. Ibu Yumiah memasarkan dalam pasar tahu lokal dan swalayan dipasar – pasar kecil dalam kawasan Pemalang seperti Watukumpul dan sekitarnya. Awal mula pemasaran tahu Ibu Yumiah hanya dijual dipasar tahu lokal dan pasar Randudongkal. Pemasaran tingkat menengah hingga sekarang. Pertengahan pemasaran tahu milik Ibu Yumiah mengalami perkembangan, seiring berjalannya waktu.
Tahu merupakan kandungan nilai gizi yang tinggi, rasanya yang enak serta menyehatkan. Bahan dasar yang diperlukan dari pembuatan tahu adalah kedelai, garam dan air.
Alat produksi Dalam memproduksi tahu di perlukan beberapa alat bantu berupa :
1. Tungku
2. Kayu Bakar
3. Ember
4. Wajan
5. Gayung
6. Saringan besar
7. Kain sifon
8. Plastik
9. Lempeng, dan
10. Rak.

B. SARAN
Seharusnya dalam pembuatan tahu ini hal yang paling utama diperhatikan adalah kebersihan yang seperti pernyataan diatas yaitu dalam hal berpakaian pekerja disarankan memakai pakaian yang tertutup. Proses penyaringan yang menggunakan kain pastikan kain yang digunakan bersih dan steril.
Sebaiknya menyediakan tempat khusus (toko pribadi) sebagai sarana pemasaran, kemasan dibuat lebih menarik, dan Ibu Yumiah lebih bervariasi dalam menghasilkan produk, sehingga bukan hanya tahu mungkin ampas tahu bisa dibuat dages, krupuk, dages dan lain-lain
Bagi para pembaca diharapkan lebih dapat terinspirasi untuk mengembangkan pengetahuan, seperti mencoba membuat tahu sendiri untuk membantu melestarikan makanan khas Indonesia yang satu ini, yaitu tahu.


6 Komentar:

Pada 19 Januari 2016 pukul 22.29 , Blogger royhan wahyuni mengatakan...

kurang bagus

 
Pada 18 Agustus 2016 pukul 23.38 , Blogger Rizal mengatakan...

hebat,terima kasih,ini sangat bermanfaat

 
Pada 26 Juli 2019 pukul 08.49 , Blogger Unknown mengatakan...

Kak delia cantik :v

 
Pada 8 Agustus 2019 pukul 11.33 , Blogger Unknown mengatakan...

Makasih :)

 
Pada 21 Agustus 2020 pukul 18.45 , Blogger Unknown mengatakan...

wahh

 
Pada 19 Oktober 2021 pukul 21.45 , Blogger Syahrul maulana mengatakan...

Bagus

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda